Fri. Nov 20th, 2020

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Perma Agt Unila Gelar Bina Desa

1 min read


JARRAKPOSLAMPUNG – Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni mengajar, mengabdi dan meneliti. Persatuan Mahasiswa Agroteknlogi (Perma Agt) Universitas Lampung (Unila) menggelar sosialisasi pertanian.

Kegitan yang bertajuk ‘Bina Desa’ tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang di gelar di Balai Desa Margorejo, Jati Agung, Lampung Selatan, Sabtu (28/12/2019).

Ketua Pelaksana Kegitan, Prima mengatakan, sosialisasi pertanian adalah ujung tombak pembangunan pertanian secara keseluruhan dan ujung tombak swasembada pangan nasional.

“Sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh produksi tanaman padi di desa ini, yang kurang produktif dan tanaman jagungnya sering terserang hama ulat grayak, sehingga dapat merugikan petani,” kata Prima.

Demi mewujudkan pertanian di desa Margorejo yang sejahtera, lanjutnya, Perma Agt Unila mengadakan sosialiasi untuk menangani masalah pertanian di desa tersebut.

“Kami mendatangkan narasumber bapak Ir.Sunyoto,M.Agr dan Ibu Ir.Lestari Wibowo,MP yang merupakan dosen Pertanian Unila,” ujarnya.

Sementara Ir Sunyoto dalam pemaparannya mengatakan, tanaman padi kurang produktif karena jarak tanam terlalu rapat sehingga tanaman kurang mendapatkan sinar matahari yang sangat diperlukan oleh tanaman.

“Solusinya adalah menerapkan metode penanaman. Istilahnya adalah Jarwo (jajar legowo), dengan cara memberikan jarak yang lebih antar tanaman,” jelasnya.

Berbeda dengan pak Ir Sunyoto, Ir Lestari menjelaskan cara pengendalian hama ulat grayak pada jagung. Menurut Ir Lesrtari, hama ulat grayak dapat dikendalikan dengan memberikan pestisida nabati atau diberikan pestisida kimiawi pada tanaman yang terserang.

Kepala Desa Margorejo, Budiyono berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat untuk warga desa Margorejo sehingga masalah-masalah pertanian yang ada dapat diatasi.

“Trimakasih untuk kegitan ini. Ini sangat bermanfaat bagi petani,” tukasnya. (lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.