Tue. Nov 24th, 2020

Tumbuh Kembangkan Minat Baca, Guru Di Palas Ciptakan Lingkungan Sadar Baca

1 min read

LAMSEL.JARRAKPOSLAMPUNG – Prihatin akan rendahnya daya baca masyarakat, terutama para peserta didik. Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Palas, Lampung Selatan (Lamsel) melakukan inovasi dengan menciptakan lingkungan sadar baca.

Adalah Ahmad Irawan, seorang guru di SMP PGRI 1 Palas, Lamsel yang menggagas Pojok Baca bagi para muridnya. Bermodal 35 judul buku bacaan ditambah beberapa buku dari perpustakaan sekolah Irwan –sapaan akrabnya–, mewajibkan para peserta didiknya meluangkan waktu untuk membaca di luar jam pelajaran.

“Ya, saya ingin para murid ini memiliki wawasan luas, selain materi pelajaran yang didapat dari sekolah,” kata Irawan, Minggu (01/03/2020).

Menurutnya, program lingkungan sadar baca tersebut diawali dengan lomba hias dan kebersihan kelas yang di gelar bersama para wali kelas dan Organisasi Intra Sekolah (Osis), sejak 24-29 Februari 2020.

“Kami merumuskan konsep kelas yang ramah lingkungan dan sadar baca. Tujuannya adalah sebagai stimulan untuk menumbuh kembangkan minat baca peserta didik,” tuturnya.

Untuk buku bacaannya sendiri, lanjut Irawan, selain koleksi buku pribadi miliknya, juga ada buku hasil swadaya murid dan beberapa buku dari perpustakaan sekolah.

“Dengan adanya pojok caca ini, harapannya minat baca peserta disik akan meningkat. Anak-anak kami arahkan untuk memanfaatkan waktu luang saat istirahat untuk membaca buku,” tukasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.