UNCATEGORIZED
Trending

Takbiran, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Rabu 12 Mei 2021

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Takbiran di Mushola Baitul Ma’mur. [Foto : Kebe/Jpp.com] Ist

Padang – jemaah Tarekat Naqsabandiyah Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, menetapkan solat Idul Fitri 1442 Hijriah, jatuh pada hari Rabu (12/0521).

Disampaikan Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Edizon Revindo pada media Redaksidaerah.com, hari Selasa (11/05/21) terakhir Ramadhan 1442 Hijriah dan malam ini sudah digelar takbiran.

“Iya hati ini terakhir puasa dan besok lebaran,” kata Edison saat selesai Solat Tarawih.

Ia menyebut Jamaah Naqsabadinyah, menggelar Solat Idul Fitri di mesjid, dengan mengikuti protokol kesehatan mengingat Kota Padang memasuki Zona Orange.

“Tarekat Naqsabandiyah, menggunakan metode Hisab Munjid, yaitu menghitung hari puasa dan lebaran berdasarkan Almanak tahunan Hisab Munjid,” jelasnya.

Jemaah Tarekat Naqsabadinyah Solat Tarawih Akhir Selasa Malam. (11/05/21)

Pedoman Tarekat tidak menggunakan metode Rukyat seperti yang dilakukan oleh pemerintah dalam menentukan dimulainya bulan puasa dan penetapan hari raya.

Ada sekitar 2500 jemaah Tarekat Naqsabadinyah yang tersebar di berbagai dareah di Sumbar di antaranya, Padang, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan dan Payakumbuh dan lainnya.

Surat Edaran Solat Idul Fitri di Masa Pandemi

Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi telah mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan salat Idul Fitri Hijriah di masa pandemi.

Gubernur, dalam surat edaran menyatakan solat Idul Fitri 1442 Hijriah, dapat dilaksanakan di mesjid dan lapangan terbuka dengan memperhatikan protkol kesehatan secara ketat pada daerah yang dinyatakan aman dari penyebaran Covid 19.

Daerah yang aman dari penyebaran Covid 19, yakni daerah yang masuk zona kuning dan zona hijau berdasarkan penetapan Zonasi daerah oleh Satgas Covid 19 provinsi Sumbar yang dikeluarkan pada hari mMinggu (9/05/21).

” Pengaturan pelaksanaan solat Idul Fitri ini penting karena berdasarkan pengalaman tahun kemarin 2020 terjadi peningkatan kasus penulran Covid 19 khususnya pada perayaan lebaran 1441 Hijriah,” kata Mahyeldi.

Sedangkan daerah yang tergolong tingkat penyebaran Covid 19 yaitu, zona merah dan Ina oranye, solat Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing.


Editor : Ferdiyansyah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button