Sat. Nov 21st, 2020

Sosperda No 1/2019, Jauharoh : Narkoba dan Covid-19 Sama Bahayanya!

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Ketidaktahuan masyarakat akan bahaya narkoba dan kurangnya sosialisasi menjadi poblematika tersendiri dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Karenanya, Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) No 1 Tahun 2019 terus digalakan.

Seperti halnya yang dilakukan Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung, Jauharoh Haddad, Senin (04/05/2020).

Peserta Sosperda di Lampung Tengah tetap menerapkan physical distancing.

Ketua Bapemperda DPRD Lampung itu menggelar Sosperda tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainya, di Desa Endang Rejo, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah.

“Sosperda kali ini berbeda dengan Sosperda biasanya. Kali ini kita barengkan dengan sosialisasi bahaya Covid-19. Mengingat saat pandemi seperti ini, Covid-19 dan Narkoba sama bahayanya,” kata perempuan yang akrab disapa Kak Jau itu.

Legislator PKB, Jauharoh Haddad memaparkan materi Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Bahaya Narkoba.

Dalam sosialisasi, Kak Jau tetap mengedepankan physical distancing dan mengajak masyarakat agar mebudayakan pola hidup sehat dengan protokeler kesehatan yang ketat.

“Di Bandarlampung sudah ditetapkan sebagai zona merah. Ini tentu perlu upaya bersama dalam ikhtiyar memutus mata rantai penularan Covid-19. Covid-19 juga sangat mudah menyerang para penggun Narkoba. Untuk para kaum ibu, ayo perhatikan anak-anak remaja kita, agar tidak menyentuh barang haram bernama Narkoba,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan aktivis PB PMII itu juga memberikan bantuan masker dan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Sedikitnya, mereka yang terdampak secara ekonomi di lima desa se Kecamatan Seputih Agung, Lamteng mendapat bantuan tersebut.

Jauharoh Haddad menyempatkan diri memantau kesiapan Puskesmas menghadapi pandemi Covid-19.

“Jangan dilihat nilainya, tapi ini sebagai bukti kepedulian kita sebagai wakil rakyat kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Usai melakukan sosper, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung ini juga memonitoring sejumlah posko Covid-19 yang ada di Kecamatam Seputih Agung. “Kita juga memberikan sembako, nasi kotak dan snack serta masker kepada para penjaga posko,” terusnya.

Jauharoh Haddad selalu menyempatkan diri untuk Sowan Kiai.

Seperti biasa, setiap ahir dari rangkaian kegiatan Kak Jau juga menyempatkan untuk bersilaturahim (Sowan) ke tokoh-tokoh NU setempat, diantaranya ke kediaman Ketua MWC Seputihagung, Kiai Ichsan, Ketua PAC PKB, Miftahul Munir, Ketua DPC PKB Lamteng, Kiai Slamet Anwar, dan Ketua Ranting NU Endangrejo, Kiai Damiri.

“Sebagai kader NU, saya selalu menyemoatkan diri untuk Sowan Kiai. Ini sebagai adab kami sebagai yang lebih muda kepada yang lebih tua. Selain itu, menjaga silaturrahmi juga anjuran agama,” tutupnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.