Mon. Nov 23rd, 2020

Satu Lagi Warga Lampung Positif Covid-19, Total Positif Sudah 27 Orang

2 min read

Dua PDP Meninggal, Satu Diantaranya Mengidap HIV

JARRAKPOSLAMPUNG – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, dr Reihana merilis penambahan satu kasus positif Covid-19 dan dua pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia, Selasa (21/04/2020).

PDP meninggal berasal dari Lampung Timur, perempuan berisial S (50), pasien memiliki riwayat dari daerah terjangkit. PDP tersebut, kata Reihana, bekerja di Kabupaten Tanggrang dan pulang ke Lampung 4 April 2020.

Tonton video penjelsan lengkapnya ya..

“6 April 2020 PDP tersebut mendatangi Puskesmas dengan keluhan pusing. Kemudian dirujuk ke RS Swasta di Kota Metro. Oleh dokter di diagnosa menderita Kanker Otak, kemudian di rujuk ke RSUD Abdoel Moeloek untuk pengobatan lebih lanjut,” kata dia.

Kemudian, tambah Reihana, 15 April 2020 PDP tersebut kembali di rawat di RS Swasta di Bandarlampung dalam kondisi kesehatan menurun, dengan diagnosa phenemony dan penimbunan cairan di otak.

“Pukul 20.10 wib, 20 April 2020 PDP meninggal dan diambil sweb, karena memiliki riwayat dari daerah terjangkit dan swebnya sudah dikirim ke Jakarta. Pemulasarannya sesuai protokoler pasien Covid-19,” ujarnya.

PDP kedua yang meninggal, jelas Reihana, adalah warga Bandarlampung laki-laki berinisial Z (24) memiliki riwayat bekerja di Jakarta dan pulang ke Bandarlampung pada 11 April 2020.

“PDP memiliki riwayat sakit pembengkakan leher sebelah kiri sejak tiga bulan terahir. Sebulan terahir kerap demam. Baru 19 April 2020 gejala batuk, sesak nafas dan demam. Lantran kondisinya memburuk keluarga membawa PDP tersebut ke RS Swasta di Bandarlampung,” jelas dia.

Hasil pemeriksaan, lanjutnya, PDP tersebut positif mengidap HIV. Pasien ditetapkan sebagai PDP lantaran pernah melakukan perjalanan ke Batam dan Jakarta.

“20 April 2020 petugas mengambil sample sweb. Namun belum diketahui hasilnya, pasien meninggal pukul 23.00 wib, 20 April 2020,” jelasnya.

Untuk tambahan satu pasien positif terinfeksi covid-19 di Lampung, tambah Reihana adalah warga Lampung Barat, perempuan berisial S (48) rujukan dari RSUD Alimudin Umar Lampung Barat.

“Pasien sempat di rawat di RS Handayani Kotabumi dan dirujuk ke RSUD Abdoel Moeloek. Pasien di sweb lantaran berasal dari Sekincau Lampung Barat yang mwrupakan alamat pasien konfirmasi positif sebelumnya,” tutur dia.

Pasien, tambahnya, tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah sebelumnya. Hasil sweb dinyatakan positif pada 15 April 2020. Namun, kata dia, 16 April 2020, sweb ke dua menunjukkan hasil negatif non reaktif.

“Saat ini kondisi pasien dalam kondisi baik. Namun tidak dalam perawatan, tapi karantina mandiri di Bandarlampung, sambil menunggu kontrol selanjutnya,” pungkasnya.

Diketahui, total positif Covid-19 kini menjadi 27 kasus dengan rincian 12 orang masih dirawat, 5 meninggal dunia dan 10 orang sembuh. Kasus positif terbaru berasal dari Kabupaten Lampung Barat.

Sementara terdapat juga penambahan pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia, sehingga kini PDP meninggal berjumlah 7 orang. Dua tambahan PDP meninggal berasal dari dua daerah yakni kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Timur. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.