Mon. Nov 23rd, 2020

Pusat Rekomendasi Lamtim dan Mesuji Terapkan New Normal

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Meski hasil kajian epidemologi yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung terbaru ada tiga kabupaten yang layak melakukan uji coba New Normal, yakni Kabupaten Waykanan, Tulangbawang dan Mesuji.

Pemerintah Pusat justru merekomendasikan dua kabupaten, yakni Kabupaten Mesuji dan Lampung Timut, lantaran kedua kabupaten tersebut nihil kasus Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, dr Reihana mengatakan, masyarakat tidak usah bingung dengan keputusan yang berubah-ubah tersebut. Sebab, kata dia, pusat belum melakukan kajian secara epidemiologi terhadap Kabupaten Lampung Timur.

“Ya, pusat merekomendasikan Mesuji dan Lamtim. Tak usah bingung, karena pusat belum melakukan kajian secara epidemiologi, secara sistem kesehatan dan secara surveillance,” kata Reihana, Rabu (03/06/2020).

Untuk melakukan kajian, lanjut Reihana, tentu provinsi yang akan melakukan dan tidak mungkin dilakukan pusat. Akan tetapi, lantaran Mesuji dan Lamtim nihil kasus Covid-19, maka dua kabupaten ini yang direkomendasikan.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Lamtim dan Mesuji mengaku siap untuk menerapkan uji coba New Normal.

“Menanggapi adanya pemberlakukan sistem new normal, dari pemerintah pusat, kami saat ini mulai mempersiapkan terkait pemberlakuan new normal,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Sahril, Rabu.

Begitu pun Pemkab Lamtim, yang telah menggelar rapat persiapan terkait uji coba penerapan New Normal.

“Kita bersyukur Kabupaten Lampung Timur termasuk 102 Daerah yang Zona Hijau sehingga semua jajaran untuk mempersiapakan sedini mungkin terkait dengan akan di laksanakan New Normal yang akan berkaitan langsung dengan masyarakat umum,” kata Bupati Lamtim, Zaiful Bokhari. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.