Sun. Nov 22nd, 2020

Pringsewu dan Metro Paling Siap Terapkan New Normal

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Kabupaten Pringsewu dan Kota Metro dinilai paling siap untuk menerapakan New Normal. Meskipun dua wilayah tersebut bukan daerah terendah dalam tingkat penularan Covid-19 di Lampung.

Lalu, apa yang mendasari dua daerah tersebut paling siap terapkan New Normal? Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, dr Reihana menjelaskan, pihaknya telah melakukan kajian epidemiologi terkait perkembangan Covid-19 di sejumlah daerah di Lampung.

New normal, jelas Reihana, harus dilihat dari kajian epidemiologi. Mulai dari jumlah penduduk, angka kesakitan per 100 ribu penduduk, angka kesembuhan, angka kematian, rasio tempat tidur di rumah sakit per 1000 penduduk.

“Juuga dilihat dari Rasio puskesmas per 100 ribu penduduk, ketersediaan SDM kesehatan yang ada di rumah sakit umum daerah di kabupaten/kota juga memperhatikan SDM non kesehatan yang ada di rumah sakit umum daerah kabupaten/kota dan rasio Puskesmas terhadap jumlah dokter umum, perawat, bidan, tenaga kesehatan lingkungan, dan analis laboratorium,” jelas dia, Jumat (29/05/2020).

Meskipun dalam tingkat penularan terendah ada di Mesuji dan Lampung Timur, kata dia, tapi di Pringsewu dan Metro kasus lebih sedikit dan dilihat dari angka kesakitan, angka kesembuhan.

“Pringsewu angka kesembuhan 100% karena dia sedikit kasusnya dan sembuh semua. Di Metro unggul angka kesakitan, namun kesembuhan 25% dan rasio tempat tidur dia banyak rumah sakit yang siap. Jadi banyak faktor yang dikaji,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, pihaknya harus melakukan persiapan-persiapan, mengingat kurva pandemi masih berlangsung dan belum bisa dikendalikan. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.