Sat. Nov 21st, 2020

PKB Buka Dapur Umum Selama Ramadhan

2 min read

Warga Tak Perlu Antri, Nasi Kotak Diantar ke Rumah

JARRAKPOSLAMPUNG – Ramadhan saat pandemi seperti sekrang ini terasa sangat berbeda dengan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya, utamanya bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Karenannya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berinisiatif untuk membuka dapur umum.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandarlampung, M. Rolland mengatakan, dapur umum yang dibuka pihaknya tidak saja menyediakan makanan dan menu berbula puasa untuk masyarakat, tetapi juga mengantarkan makanan tersebut kepada yang membutuhkan.

“Ya, Alhamdulillah kami sediakan nasi kotak dan menu berbuka puasa. Masyarakat tidak perlu antri, karena kami juga menyiapkan kader-kader yang akan membagikan nasi kotak dan menu berbuka tersebut kepada yang membutuhkan,” kata M Rolland, Sabtu (02/05/2020).

Selain nasi kotak, lanjut Rolland, para kader yang ditugaskan juga akan membagikan masker dan famplet jadwal imsakiyah. Semua yang dibagikan, kata dia, adalah donasi dari para kader, legislator dan pengurus PKB se Lampung dan dipusatkan di DPW PKB Lampung.

“Hari ini kami membagikan nasi kotak di wilayah Telukbetung. Untuk hari berikutnya akan bergeser ke kecamatan lain. Insyaallah seluruh kecamatan akan mendapat giliran,” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPC PKB Kota Bandarlampung, H Juanda kepada jarrakposlampung.com mengatakan, dapur umum yang dipusatkan di DPW PKB Lampung bertujuan meringankan beban masyarakat yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan di tengah pandemi.

“Tentu semua dari kita yang beragama Islam ingin menjalankan ibadah dengan khusuk tanpa khawatir dengan kebutuhan perutnya tidak terpenuhi. Karenanya kata dia, dapur umum tersebut didirikan,” kata dia.

Akan tetapi, lanjutnya, untuk menghindari kerumunan, maka dapur umum tidak melayani pengambilan menu berbuka dan nasi kotak di lokasi dapur.

“Untuk menghindari antrian dan kerumunan, maka relawan akan mengantarkan kepada yang membutuhkan,” jelas Juanda.

Berkaitan dengan wilayah mana saja yang akan menjadi titik sasaran? Juanda mengatakan, para kader yanv sekaligus menjadi relawan telah menginventarisir wilayah-wilayah yang akan didatangi.

“Tentu wikayah dimana mayoritas masyarakatnya adalah pekerja atau buruh jharian lepas yang tersampak secara ekonomi akan menjadi prioritas,” pungkasnya. (***)

1 thought on “PKB Buka Dapur Umum Selama Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.