UNCATEGORIZED
Trending

Merencanakan Kabur, 8 Napi Lapas Kelas II-A Padang Dipindahkan Ke Lapas Palembang.

Padang – Demi Keamanan sebanyak 8 Narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II-A dipindahkan ke Lapas kelas I Palembang, Sabtu (1/01/21).

Kepada awak media Kepala Lapas (Kalapas) II-A Padang, Era Wiharto menyampaikan atas dasar pertimbangan pemindahan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) sebanyak 8 narapidana, beragam faktor mereka telah sering berulah menimbulkan keresahan dan gangguan keamanan serta ketertiban.

Menurut Era, hasil dari pengembangan pihaknya, para tahanan yang diduga berencana kabur dari penjara dengan cara memotong teralis besi dari gorong-gorong atau saluran air belakang mesjid kompleks lapas II A Padang.

“Dengan adanya antisipasi cepat dari Inteligen lapas, perencanaan aksi kabur, Namun berhasil digagalkan. Petugas cepat bertindak untuk mengganti teralis besi dengan ukuran besar,” ungkapnya.

Sambung Era, tidak menutup kemungkinan narapidana lain akan terpengaruh dengan aksi nekat rekannya, juga akan berpotensi melakukan hal yang sama. Melihat cuaca tak menentu (Anomali) mereka bisa saja memanfaatkan kondisi tersebut untuk kabur.

Perlu diketahui bersama, bagi warga binaan lapas Padang yang melakukan tindakan pelanggaran berat akan dipindahkan ke Nusakambangan. Apalagi melihat masa pidana 10-20 tahun, bahkan seumur hidup dengan kasus macam-macam, ada narkoba dan kasus kriminal lainnya. Tegas Era saat diwawancara.

Dengan adanya kejadian ini, pihak lapas akan melakukan Ekstra Maksimum penjagaan, juga berkordinasi semua unsur internal secara Intens.

Data dari Lapas Kelas II-A Padang, saat ini jumlah penghuninya mencapai 870 orang, kondisi Over Kapasitas dengan persentase mencapai 120 persen.

Editor : Ferdiyansyah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button