UNCATEGORIZED
Trending

Melalui Talent Hub Kemnaker RI, Talent Talks Hadir Di Kota Padang

Peserta FGD dan Talent Talks Di BLK Padang.
[Foto : Kebe/Jarrakpospadang.com]

Jarrakpospadang.com – Kementrian Tenaga Kerja mensosialisasikan Talent Hub di Kota Padang, Sumatera Barat. Tujuannya menginspirasi dan mengajak para talenta muda membuka wawasan perkembangan kebutuhan skill juga memberdayakan dan meningkatkan peran talenta muda dalam pembangunan, khususnya di bidang ekonomi.

Nantinya, Talent Hub menjadi program yang memetakan talenta-talenta muda di daerah sehingga dapat diberdayakan dan dikembangkan.

Demikian disampaikan pada media redaksidaerah.com oleh Direktur Bina Standarisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Binalavoktas Kemenaker RI, Muchtar Azis, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) pemetaan potensi dan kebutuhan talenta muda di Kota Padang, Padang (17-18/06/21).

“Berbagai tahapan komprehensif perlu dilakukan dalam pemetaan talenta, pengembangan skill dan Match Making yang mempertemukan talenta muda dengan komunitas serta jejaring profesional agar dapat berkolaborasi bersama,” tuturnya

Dilansir dari cnnindonesia.com, Kemnaker berkomitmen untuk terus memfasilitasi talenta-talenta muda melalui pengembangan kewirausahaan serta peningkatan pelatihan sesuai dengan kebutuhan. Dengan diberdayakan talenta muda maka angka penggangguran usia muda dapat ditekan.

Sebagaimana diketahui, saat ini tingkat penggangguran anak muda di Indonesia masih termasuk yang tertinggi dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam dan Malaysia.

Aziz mengatakan, pengembangan talenta muda ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi minat dan potensi diri melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan.

“Kenapa ini bisa terjadi, karena kurangnya relevansi yang dihasilkan dengan permintaan pada pasar kerja. Sehingga pemetaan melalui Talent Corner ini dapat menekan Missmatch tersebut,” ujar Aziz

Dalam kesempatan ini, Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengapresiasi kegiatan Talent Hub Kemnaker dalam pelaksanaan FGD dan Talent Talks tersebut.

Sementara itu, Kepala BLK Kota Padang, Syamsi Hari mengatakan, hasil dari FGD dan Talent Talks ini nantinya akan menjadi masukan dalam merancang program-program Talent Corner yang tepat sasaran.

Manaagig Director Talent Hub Kemnaker RI Ahmad Lutfhi Dalam Sesi Talent Corner.
[ Foto : Kebe/Jarrakpospadang com.]

Managing Director Talent Hub Kemnaker RI Ahmad Lutfhi menuturkan, kegiatan FGD dan Talent Talks yang berlangsung 17-18 Juni 2021 diharapkan dapat menunjang kesadaran anak muda dalam berkreatifitas untuk meningkatkan produktifitas yang memiliki daya saing juga nilai ekonomi.

Dalam kegiatan FGD tersebut, juga mewakili anak muda Milenial Aldi Putra sebagai Ketua GP Ansor Kota Padang menyampaikan, kegiatan Talent Talks ini menjawab tantangan anak muda agar tidak terpaku hanya mengejar pekerjaan lewat CPNS namun juga, mengambil peranan sebagai Komando perubahan, untuk kemajuan daerah juga disertai dengan inovasi dan kreatifitas.

Setelah Kota Padang, FGD pemetaan potensi kebutuhan talenta muda dan Talent Talks ini juga akan diadakan di Medan, Samarinda dan Banyuwangi.

Kegiatan FGD dan Talent Talks tetap mengedepankan aturan protokol kesehatan dengan anjuran (5 M) memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Editor : Ferdian Kebe

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button