Sat. Nov 21st, 2020

KKP dan Kommari Sepakat Ciptakan Iklim Investasi yang Kondusif

2 min read

Ketua Kommari Lampung, Mursaidin Al Bantani berpose bersama Pengurus Kommari Pusat usai melakukan pertemuan dengan Menteri KKP, Edy Prabowo.

JARRAKPOSLAMPUNG – Komunitas Masyarakat Maritim Indonesia (Kommari) meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Demikian diungkapkan Ketua Kommari Lampung, Mursaidin Albantani, ST saat menghadiri konsultasi antara Pengurus Kommari Pusat bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edy Prabowo, Senin (11/11/2019) di Graha IV Mina Bahari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Iklim investasi yang konduaif, lanjut Mico -sapaan akrabnya, sangat penting guna menciptakan ketertarikan para investor dan pengusaha yang bergerak dibidang industri kelautan dan perikanan untuk menanamkan modalnya baik di pusat maupun daerah.

“Salah satu bentuk menciptakan iklim investasi yang baik adalah dengan terjalin kemitraan dan kerjasama harmonis dan stratesgis di sektor industri perikanan diseluruh daerah,” tuturnya.

Menurut Mico, selama ini kesulitannya adalah dibidang perizinan. “Ya, bagaimana pengusa akan nyaman jika perizinan sulit didapatkan dan birokrasi yang bertele-tele,” tegasnya.

Jangan sampai, tambah Mico, karena kesulitan mendapatkan izin dan kepastian hukum dalam berinvestasi, para investor yg bergerak dibidang jasa dan usaha kelautan perikanan hengkang dan memindahkan usahanya dari daerah.

“Kita tidak ingin itu terjadi. Karena ini akan berdampak pada terciptanya lapangan kerja baru di daerah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edy Prabowo mengucapkan terimakasih atas masukan Kommari. “Kita akan tinjau regulasi yang ada, apakah bentuknya UU maupun Peraturan Menteri (Permen).

“Saya akan melakukan Road to Dearah, untuk melihat langsung situasi kekinian yang ada didaerah-daerah, baik potensi, problem dan peluangnya,” kata Edy.

Diketahui, Provinsi Lampung memiliki Garis Pantai yg cukup panjang, hampir 12.00 Km2, sementara pemanfaatannya dibidang tangkap baru 60% saja.

Untuk itu, KKP akan semaksimal mungkin mendorong peningkatan di bidang budidaya perikanan, apalagi Lampung memiliki lahan yang cukup luas untuk menjadi tempat budidaya perikanan.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Umum Komari Pusat, Bung Hendri, Sekjend Kommari, Marjuki Yazid serta 14 Perwakilan Kommari Provinsi. (lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.