Thu. Nov 26th, 2020

Jelang Vertual, Penyelenggara Pemilu Dirapid Test

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Penyelenggara Pemilu baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) mau pun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya Kota Bandarlampung harus dipastikan bebas Covid-19, sebelum melakukan tahapan Pilkada Setentak 9 Desember 2020.

Salah satu tahapan yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah verifikasi faktual (Vertual) terhadap dukungan pasangan calon melalui jalur perseorangan (Independen). Karenannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung memfasilitasi penyelenggara untuk melakukan Rapid Test Secara Massal.

Ketua Divisi Teknis KPU Bandarlampung, Fery Triatmojo mengatakan, Rapid Test Secara Massal dilakukan secara bertahap, hari ini (Senin) dan besok untuk seluruh jajaran KPU Bandarlampung,” kata dia.

Para Penyelenggara Pemilu Kota Bandarlampung melakukan Rapid Test di salahsatu faskes di Bandarlampung. (foto : dokumen bawaslu)


Rapid Test Massal tersebut, lanjutnya, difasilitasi oleh Pemkot Bandarlampung sesuai kesepakatan bersama antara Penyelenggara Pilkada dan Dinas Kesehatan setempat.

“Rapid Test dilakukan kepada seluruh jajaran KPU, PPK, PPS dan Sekretariat yang berjumlah 984 akan menerima layanan tes cepat di 31 puskesmas yang ada di Bandarlampung,” kata dia.

Senada, Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah dihubungi terpisah, mengungkapkan bahwa seluruh panwaslukecamatan yang terdiri dari ketua, anggota, koordinator sekretariat/kepala dekretariat serta seluruh staf sampai tingkat panwaslukelurahan yang berjumlah 367 orang, akan melakukan rapid test di 31 puskesmas dan dibagi menjadi dua sesi, yakni Senin dan Selasa (22-23/06/2020).

Sesuai PKPU 5 Tahun 2020 Pada tanggal 24 Juni sampai dengan 12 Juli Tahapan Verifikasi Faktual di tingkat Desa/Kelurahan, selama 14 (empat belas ) hari sejak dokumen syarat dukungan Bakal Pasangan Calon diterima oleh PPS.

“Jajaran Pengawas siap melakukan pengawasan ditengah Pandemi Covid-19 dengan melaksanakan protocol kesehatan termasuk melakukan Rapid Test terlebih dahulu,” tuturnya.

Terkait dengan pengawasan Verifikasi Faktual jajaran pengawas masih menunggu instruksi maupun tata cara dari Bawaslu RI yg akan di rapatkan setelah Rapat Virtual Bawaslu Provinsi dengan Bawaslu RI, Bawaslu Kota Bandarampung akan melaksanakan rapat koordinasi mengenai tata cara Verifikasi Faktual dengan jajaran Panwaslu kecamatan setelah mendapat hasil rapat Bawaslu Provinsi dengan Bawaslu RI.

“Bawaslu Kota Bandarlampung, hari ini 22 Juni 2020 juga telah melayangkan surat pencegahan kepada KPU Kota Bandarlampung dalam rangka agar KPU memenuhi semua ketentuan tata cara Verifikasi Faktual dan menginstruksikan kepada PPK dan jajarannya bekerja sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan,” tukasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.