Sat. Nov 21st, 2020

Jelang Pilkada, Pemkot Hibahkan APD dan Rapid Test Untuk KPU

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Kota Bandarlampung melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung guna melakukan pembahasan persiapan Pilkada 2020.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandarlampung, Badri Tamam memgatakan, pihaknya akan memberikan hibah perlengkapan protokol kesehatan berupa alat perlindungan diri (APD) dan lainnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Hal tersebut agar penyelenggaraan Pilkada dengan standar protokol kesehatan dapat terpenuhi.

“Kami tadi bertemu dengan KPU berbicara terkait penyelenggaraan pilkada, seperti tempat pemungutan suara dan protokol kesehatannya,” kata Badri, Senin (08/06/2020).

Dalam pertemuan tersebut, lanjut dia, baik pihaknya mau pun KPU sepakat terkait pendanaan beberapa item yang harus dipenuhi pada pelaksanaan pesta rakyat tersebut yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

“Kita juga memberikan hibah kepada KPU terkait protokol kesehatannya yang pembiayaannya akan ditanggung oleh organisasi perangkat daerah (OPD),” ujarnya.

Badri menambahkan, terkait pemenuhan protokol kesehatan seperti APD dan tes cepat (rapid test), memang menjadi kewenangan OPD terkait di Pemkot Bandarlampung.

“Mereka (KPU) minta rapid test. Ya, kita akan sediakan. Terdekat nanti pada 15 Juni sudah ada. Hal tersebut guna menjamin bahwa PPK dan PPS sebagai penyelenggara aman dari Covid-19,” jelasnya.

Terkait hal lain, tambah dia, misalnya yang berkaitan dengan efisiensi kegiatan oleh KPU. Badri pun berharap KPU dapat melaksanakan dengan baik teknis pilkada serentak ini dengan meminimalkan kegiatan yang menghimpun banyak orang dan sebagainya.

“Jadi bukan kegiatannya ditiadakan tapi dikurangi sesuai dengan aturan yang berlaku,” tukasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.