Thu. Nov 26th, 2020

Gubernur Harus Ambil Langkah Kongkrit!

2 min read

Upaya Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19

JARRAKPOSLAMPUNG – Lambatnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam mengambil kebijakan sebagai upaya memutus mata rantai penularan coronavirus (Covid-19) membuat sejumlah kalangan geram. Tak terkecuali Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung.

Komisi V DPRD Lampung misalnya, yang akan menggelar rapat guna merumuskan langkah-langkah kongkrit dan akan diusulkan kepada orang nomor satu di Provinsi Lampung itu.

“Ya, besok (Senin 30 Maret 2020) kami akan menggelar rapat. Kami akan merumuskan beberapa langkah kongkrit dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata Anggota Komisi V DPRD Lampung, Jauharoh Haddad kepada jarrakposlampung.com, Minggu (29/03/2020).

Gubernur, lanjut Jauharoh, masih terlalu prosedural dalam mengambil sikap. Sementara, dalam posisi darurat seperti sekarang ini, mesti ada langkah-langkah kongkrit dalam upaya penyelamatan.

Lalu, langkah kongkrit seperti apa yang mesti diambil? Jauharoh mengatakan, hal tersebut baru akan dirumuskan pihaknya dalam rapat. Prinsipnya, kata Jauharoh, apa yang menjadi solusi untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 harus dilakukan.

“Kita akan rumuskan dalam rapat. Karena Covid-19 ini tidak kasat mata, dan orang yang terinfeksi bisa saja tidak menunjukkan gejala apapun. Maka penangananya tidak cukup hanya dengan ukur suhu badan dan semprot-semprot disinfektan,” tuturnya.

Sebab, tambah Jauharoh, akan dirasa percumah dilakukan pengukuran suhu badan dan semprot-semprot disinfektan, jika orang yang sudah tertular baik di Lampung maupun dari luar Lampung tetap bisa kerkeliaran dan keluar masuk Lampung.

“Karenanya ini butuh penanganan serius dan harus ada langkah kongkrit dari gubernur. Sejauh ini kami melihat belum ada langkah kongkrit,” pungkasnya.

Diinformasikan Jauharoh, sebelumnya Komisi V telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan instansi terkait, membahas persoalan ketersediaan Alat Perlindungan Diri (APD) untuk tenaga medis, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 tersebut, sampai pada mekanisme membubarkan kerumunan.

Akan tetapi, kata dia, hingga kini pihaknya belum melihat langkah-langkah kongkrit lainnya yang diambil Pemprov yang lebih efektif. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.