Tue. Nov 24th, 2020

Dugaan Suap KPU, DPRD Lampung Surati Pusat

2 min read

Komisi I DPRD Lampung berpose bersama Dr Budiono usai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang rapat Komisi I, Rabu (13/11/2019).

Dengar Keterangan Saksi Pelapor, Panggil KPU Lampung

JARRAKPOSLAMPUNG – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung dalam waktu dekat akan melayangkan surat kepada Komisi II DPR RI dan Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) RI berkaitan dengan kasus dugaan suap pada proses seleksi KPU Lampung dan KPU kabupaten/kota se-Lampung.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Lampung, Azwansyah usai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dr Budiono pelapor dalam perkara tersebut, Rabu (13/11/2019).

“Ketua Komisi I (Yozi Rizal) tadi sudah jelaskan bahwa akan menyurati Komisi II dan KPU RI berkaitan dengan masalah ini. Ya, kami meminta pusat dapat membantu,” kata Azwan.

Menurut Azwan, pihaknya mengundang Dr Budiono dalam rangka mendengarkan keterangan yang bersangkutan sebagai saksi pelapor.

“Ya, kami perlu mendengar langsung dari Dr Budiono. Selain itu juga kami minta Dr Budiono mempelihatkan bukti-bukti yang ada,” kata anggota FPKB itu kepada jarrakposlampung.com.

Lalu, apakah Komisi I akan meminta agar tahapan seleksi KPU kabupaten/kota yang saat ini memasuki tahapan penetapan akan di stop?

Azwan mengatakan, belum sejauh itu. Sebab, kata dia pihaknya baru mengagendakan untuk menggelar RDP lanjutan bersama KPU Lampung. “Kita panggil dulu KPU Lampungnya dong,” ujarnya.

Dalam perkara ini, tambah Azwan Komisi I DPRD Lampung semangatnya adalah mendorong agar KPU Lampung berintegritas. Sebab, kata dia bagaimana produk pemilu akan berkualitas jika KPU nya tak berintegritas.

Sementara Mantan anggota Tim Seleksi KPU Provinsi Lampung, Dr Budiono mengaku akan memenuhi panggilan Komisi II DPR RI terkait proses rekrutmen komisioner KPU.

“Ada Anggota Komisi II DPR RI yang menelepon saya, pembahasan tentang proses rekrutmen ini, kita memang laporkan ke Komisi II,” kata Budiono usai menhadiri RDP dengan Komisi I DPRD Lampung, Rabu (13/11/2019). (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.