RUANG LAMPUNG

Dilarang Mudik, Perbatasan Bakal Dijaga Ketat!

Dishub Lampung Tunggu Permenhub

JARRAKPOSLAMPUNG – Kebijakan pemerintah pusat yang akan menerapkan larangan mudik mulai 24 April 2020 mendatang, dapat dipastikan akan terlaksana. Bahkan, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung sudah menyusun skenario penjagaan ketat disejumlah pintu masuk Sai Bumi Ruwa Jurai.

Kepala Diahub Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo menegaskan, pihaknya telah menyusun skenario guna melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo tersebut. Kendati demikian, Bambang memastikan, pihaknya baru bisa bertindak jika Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) soal larangan mudik itu sudah keluar.

Tonton Video Himbauan Tidak Mudik

“Dengan larangan mudik  ini nantinya kalau daerah yang sudah menerapkan PSBB sudah tak bisa lagi. Misalnya DKI, jangankan mau keluar DKI mau masuk juga dipastikan tidak bisa. Begitu juga dengan Sumsel,” kata Bambang, Rabu (22/04/2020).

Sikatakannya, ketika payung hukum terkait larangan mudik diterbitkan, maka tidak hanya orang masuk ke Lampung yang dilarang, tetepi arah sebaliknya pun diperlakukan sama.

“Ya, petugas di Merak melarang orang yang mau ke Lampung dan kami akan melarang yang dari Lampung mau ke Jakarta,” tegasnya.

Pihaknya pun, lanjut Bambang, akan melakukan penjagaan di tiap perbatasan, yaitu di tol, Bakauheni, lintas timur, lintas tengah, jalan dari Ranau dan lintas barat.

“Mungkin titik-titik itu yang akan kita lakukan pencegahan,” ujarnya. 

Dishub Lampung, tambahnya, masih menunggu Permenhub Larangan Mudik tersebut, karena di dalam permenhub ini nantinya akan ditentukan semua skema dan sistem pencegahannya.

“Untuk saat ini Dishub masih mengacu pada Permenhub 18 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Corona. Di permenhub 18 ini kan masih memberikan peluang orang untuk bepergian, jadi kami belum bisa melakukan pelarangan tapi porsi pencegahan. Misalnya angkutan umum hanya 50 persen dan angkutan pribadi juga 50 persen (beroperasi),” tuturnya.

Namun, pihaknya tentu akan berlaku lebih tegas jika nanti Permenhub Larangan Mudik sudah keluar.

“Ya, benar-benar nggak bisa mudik. Permenhub keluarnya tanggal 24 ini,” pungkasnya. (***)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button