Sat. Nov 21st, 2020

Buktikan Komitmen Pemberantasan Nakoba

2 min read
Pemusnahan Barang Bukti Narkoba oleh Forkopimda Lampung. (foto: humas)

Narkoba Bernilai Milyaran Rupiah Dimusnahkan

JARRAKPOSLAMPUNG – Komitmen dalam memerangi narkoba terus ditunjukkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Hal tersebut dibuktikan dengan kegiatan pemusnahan barang bukti narkoba yang dihadiri oleh unsur pimpinan daerah.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwandi Arianto, dan Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol. Ery Nursatari serta jajaran Fokorpimda Provinsi Lampung terlihat Hadir di Lapangan Kopri, Rabu (18/12/2019).

Barang bukti narkoba yang dimusnahkan yakni Ganja 125kg, Shabu 179, 14 kg, Ekstacy sebanyak 128.200 butir, Erimin 5 sebanyak 2.500 butir dan Opium 1,3 kg.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengatakan kegiatan pemusnahan ini merupakan bukti keseriusan dalam memerangi narkotika.

“Ini berdasarkan data Puslitdatin BNN RI dan Universitas Indonesia 2017 angka prevalensi penyalahguna narkoba di Provinsi Lampung menempati urutan ke 3 dari 10 provinsi di Sumatera dengan penyalahguna sebanyak 128.529 orang,” kata Arinal.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memberantas peredaran narkotika khususnya di Provinsi Lampung.

“Perang terhadap penyalahguna narkotika dan prekursor narkotika harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ujarnya.

Pemda Lampung, kata dia, bersama Polda dan BNNP juga seluruh komponen bangsa harus melaksanakan kegiatan nyata agar Lampung bersih dari peredaran narkotika dan precursor narkotika.

Di lokasi yang sama, Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol. Ery Nursatari mengatakan, proses pemusnahan narkoba dilakukan dengan menggunakan alat Incenerator, yaitu dengan cara membakar barang bukti dengan suhu 1200° C hingga habis tanpa bersisa.

Diketahui, saat ini bahaya dan dampak narkoba atau narkotika dan obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pecandu dan keluarganya semakin meresahkan.

Bagai dua sisi mata uang narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan.

Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan. Penyalahgunaan ini mulanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan.

Di Lampung kegiatan penyalahan narkotika sudah pada tahap menghawatirkan. Angkanya terus meningkat. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.