Mon. Nov 23rd, 2020

Bawaslu Ajak Ormas Awasi Pilkada

2 min read

PESAWARAN.JARRAKPOSLAMPUNG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran melakukan sosialisasi pengawasan bersama Ormas dan OKP se-Kabupaten Pesawaran di Regency Hotel Pringsewu, Rabu (29/01/2020).

Kegitan yang dimaksudkan guna meningkatkan pengawasan partisipatif tersebut dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada serentak 2020.

“Setiap element mempunyai peran untuk berpatisipasi mengawasi Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Pesawaran,” kata Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando, S.Pd dalam pemaparannya.

Pria yang beken disapa Ijul iru berharap Ormas dan OKP dapat menjadi mitra kerja Bawaslu dalam mengawasi seluruh tahapan Pemilihan, agar dapat terwujudnya Pilkada yang demokratis dan bermartabat, sesuai dengan ekspektasi masyarakat.

“Pilkada yang aman, damai dan bersih tentu menjadi harapan kita semua. Untuk itu, Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat, termasuk Ormas dan OKP,” ungkap Ijul.

Di tempat yang sama Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Riswanto, S.Sos mengatakan, bentuk partisipasi masyarakat dalam pengawasan bisa dalam bentuk melaporkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelanggaran Pemilu.

“Siapa saja bisa melaporkan. Syarat untuk bisa melaporkan dugaan pelanggaran yaitu WNI yang sudah mempunyai hak pilih, Peserta Pemilihan dan Pemantau Pemilu/Pemilihan,” kata dia.

Karenanya, tambah Riswanto, dirinya mengajak agar seluruh elemen dapat berpartisipasi, minimal dapat mengawasi proses dan tahapan Pemilu di lingkungan masing-masing.

“Mari kita bersama-sama menjaga keluarga kita untuk tidak terlibat dalam pelanggaran, terutama pelanggaran politik uang pada Pilkada mendatang, karen politik uang dapat merusak demokrasi dan masyarakat itu sendiri,” tutur Riswanto.

Diketahui, sedikitnya 17 Ormas dan OKP yang hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), Gerakan Pemuda Ansor, Fathayat NU, Muslimat NU, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Aisyiah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiah, LDII, IKA PMII, DPD KNPI, Pengurus FKUB, Pengurus Pemuda Pancasila, Pengurus GOW, Karang Taruna, serta Persatuan Wanita Kristen Indonesia. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.