COVID-19RUANG LAMPUNG

Bandara dan Pelabuhan Stop!

Hanya Layani Angkutan Logistik

JARRAKPOSLAMPUNG – Bandara Raden Inten II Lampung dan Pelabuhan Merak-Bakauheni menghentikan sementara angkutan orang hingga 37 hari kedepan.

Dikutip dari akun @sscilampung Pelabuhan Merak-Bakauheni menutup pelayanan angkutan orang hingga ahir Mei 2020.

“Untuk pengiriman sembako, BBM, dan kebutuhan logistik yang menyangkut hajat orang banyak, tetap berjalan normal,” tulis akun tersebut.

Sementara, Humas Bandara Raden Intan II Wahyu Aria Sakti mengatakan, mulai 25 April 2020 hingga 31 Mei 2020 , pihaknya meniadakan perbangan. Pemberhentian penerbangan penumpang tersebut, kata dia, sebagai bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ya, sesuai kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 25 tahun 2020 tentang pengendalian teansportasi selama musim mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka pencegahan lenyebaran Covid-19,” kata Wahyu.

Selama lima pekan, jelas Wahyu, pihaknya hanya membuka tujuh penerbangan khusus. Pertama, kata dia, penerbangan Pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi Internasional.

“Kemudian, operasional penerbangan khusus repatriasi atau pemulangan WNI maupun WNA. Ketiga, operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat,” jelas dia.

Lalu, tambah dia, operasional angkutan kargo, pesawat konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang yang dikhususkan untuk pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan dan sanitasi serta pangan.

“Kelima, operasional lainnya dengan seizin dari menteri dalam rangka mendukung percepatan penanganan CovId-19,” tuturnya.

Keenam, sebagai bandara alternatif apabila terdapat pesawat yang mengalami kendala teknis dan operasional dan membutuhkan bandara untuk mendarat.

“Terakhir penerbangan yang mengangkut sampel infection substance (sampel penyakit) Covid-19,” pungkasnya. (***)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button