Sun. Nov 29th, 2020

Arinal Serahkan APD dan Rapid Test Covid-19 Tahap 1

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyerahkan bantuan tahap awal Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test Covid-19 dari Pemerintah Pusat kepada Gugus Tugas Pencegahan dan Penangan Covid Covid-19 Privinsi Lampung, di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jumat (27/03/2020).

Sedikitnya 2.000 unit APD berupa cover all suit sejumlah 2.200 buah, masker bedah sejumlah 5.000 buah serta masker N95 sejumlah 50.000 buah.

Todak hanya itu, Gubernur juga menyerahkan 2.400 buah Rapid Test Covid-19 kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing sejumlah 2.400 buah.

Jumlah bantuan tersebut barulah tahap awal, dan akan terus diberikan untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung.

“Tetapi ini baru awal, masih banyak juga yang akan kita bantu pada nantinya karena kita juga sedang melakukan upaya-upaya apa saja yang kita perlukan,” kata Arinal.

Menurut Arinal, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 ini, Bupati/Walikota diperbolehkan melakukan rasionalisasi anggaran untuk menyediakan APD.

“Posisi seperti sekarang ini kita boleh melakukan rasionalisasi anggaran, apa saja yang harus disiapkan, kita siapkan dan saya harapkan ini juga sampai di tingkat desa,” tegas dia.

Untuk di tingkat Desa, lanjut Arinal, perangkat desa dapat menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) namun tetap proposional dalam penggunaannya menghadapi Covid-19.

“Tentunya dana yang dikeluarkan harus proposional, berapa penduduknya apa yang harus dibeli, paling tidak masker dan untuk cuci tangan. Sehingga ada kesigapan desa untuk mempersiapkan desanya masing-masing dari ADD,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.