Mon. Nov 23rd, 2020

Amblas, Jalur Liwa-Krui Tak Bisa Dilalui Truk

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Lalu lintas dari arah Liwa menuji Krui atau sebaliknya terhambat, lantaran longsor terjadi sejak dua hari terahir. Hal tersebut membuat Satlantas Setempat melarang truck bermuatan melintasi jalur tersebut.

Penyempitan ruas jalan terjadi tidak saja terjadi lantaran timbunan material longsor tapi juga lantaran hampir sebagian badan jalan amblas. Akibatnya kendaraan yang akan melintasi jalur tersebut harus bergantian, lantaran hanya satu jalur yang dapat digunakan.

Untuk itu, Bina Marga Dinas PU Lambar telah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Penanganan Jalan Nasional (P2JN) guna mempercepat proses normalisasi saluran air yang disinyalir memperparah kondisi jalan, yang mengakibatkan erosi.

Kondisi jalan yang amblas berlokasi di Gunung Kemala KM 2. (foto : Pusdalops-PB Lambar)

“Kami sudah koordinasi dengan pelaksana penanganan jalan Liwa-Krui dan BPJN agar jalan itu segera ditangani. Penanganan sementara yaitu normalisasi saluran drainase menggunakan excavator agar jangan sampai badan jalan terus terkikis,” kata Kabid Bina Marga setempat, Robert Putra.

Sementara, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Lampung Barat terus menguapdate situasi terkini jalur tersebut. Dalam postingan akun resminya menginformasikan terkait larangan melintas bagi kendaraan dengan bobot 4 ton keatas.

“BPBD Lambar telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk penanganan tanggap darurat,” tulis akun tersebut. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.