SumbarTanah Datar

Polres Tanah Datar Siagakan Personel Guna Tingkatkan Pengawasan Hari Raya Idul Fitri

Tanah Datar, JarrakPosPadang.com – Polres Tanah Datar tingkatkan pengawasan sebelum hingga sesudah hari Raya Idul Fitri. Pandemi Covid-19 saat ini masih menghantui masyarakat Indonesia.

Angka pasien yang masih terus bertambah, membuat Pemerintah memberikan himbauan agar Sholat Idul Fitri dapat dilaksanakan dirumah masing-masing. Hal ini sudah dibarengi dengan keluarnya Fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020. Dalam Fatwa Tersebut MUI menghimbau agar Sholat Idul Fitri dilaksanakan dirumah masing-masing guna mencegah penularan virus Covid-19.

Dengan keluarnya Fatwa MUI, Polres Tanah datar menyiagakan 1 Tim yang berjumlah kurang lebih 50 personil setiap harinya. Nantinya Tim ini akan berikan himbauan kepada masyarakat supaya pelaksaan Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing. Selain itu saat Idul Fitri, Tim juga melakukan patroli guna tidak adanya kegiatan kerumunan massa yang dapat mewabahnya Covid-19.

Walaupun pandemi masih belum berakhir, Hal ini tak mengurangi semarak dalam menyambut hari raya Idul Fitri. MUI juga menghimbau agar tetap serukan lafal takbir, Tahmid dan Tahlil saat perayaan Idul Fitri sebagai tanda syukur dan sekaligus doa agar wabah Covid-19 segera diangkat oleh Allah SWT.

Kegiatan Takbir keliling disaat pendemi dapat dilakukan di rumah, di Masjid oleh pengurus takmir dengan menggunakan pengeras suara dan media digital lainnya seperti TV, Radio, media sosial dll. Untuk pelaksanaan Takbir dijalanan hanya diperbolehkan oleh petugas (tidak lebih dari 5 orang) dengan menggunakan pengeras suara yang ada dikendaraannya.

Selain itu, Polres Tanah Datar juga mempunyai 2 Pos Operasi Ketupat dan 6 pos perbatasan yang siap sedia 24 jam dalam mengawasi kegiatan masyarakat seperti kegiatan mudik. Polres Tanah Datar akan meningkatkan pengawasan saat malam takbiran guna cegah datangnya pemudik–pemudik yang nakal. Tak hanya Pemudik, Masyarakat yang masih berkerumunan dengan kegiatan yang tidak bermanfaat akan dibubarkan.

Hari Raya Idul Fitri Jatuh pada hari minggu tanggal 24 Mei 2020 sebagaimana sidang Isbat yang dilakukan Kementrian Agama pada tanggal 22 Mei setelah Sholat Magrib kemaren.

“Kita sudah siapkan personil dalam menyambut sebelum, saat dan sesudah Sholat Idul Fitri. Personil yang kita siagakan ini bertujuan untuk menghimbau dan mengingatkan masyarakat”, ucap Kapolres Tanah Datar AKBP R Hari Purnomo.

Kita harus berdoa dan berusaha untuk bersama cegah penyebaran Covid-19. Dengan kita selalu berdoa kepada Allah SWT dan ditambahkan dengan usaha kita semua, semoga wabah Covid-19 ini dapat diangkat oleh Allah SWT,” ujar kapolres Tanah Datar.

-Humas Polres Tanah Datar-

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close