KOlomPINTOSeni dan Budaya

PINTO JANIR DAN OPETRA PARANG SUREK MAMAK JO KAMANAKAN

Kalau dua orang seniman asal Sumbar ini berkolaborasi dalam bidang lagu, itu biasa saja. Soalnya dua seniman ini juga sama-sama musisi. Sama-sama dikenal sebagai pengarang lagu.

Pinto Janir dan Opetra berkolaborasi!
Nan sebenarnya sajalah? Pinto dikenal sebagai seorang sastrawan dan pujangga. Ia tukang pikir. Tulisan dan karangannya banyak mengarah ke ruang perenungan dalam berbagai rupa bahasa simbol. Ia tukang sastra!

 

Sedangkan Opetra dikenal sebagai penyanyi garah. Karena lagu dan lagaknya yang lawak. Aksinya sering membuat perut kita serasa pecah. Komedian terkemuka dari Minang ini sejak beberapa tahun belakangan, menetap di Jakarta. Daunnya sedang naik agaknya. Sedang laku-lakunya diundang orang kemana-mana. Terutama, memenuhi undangan acara orang Minang di rantau. Laku dia itu!

 

Sejak Corona melanda, Opetra di rumah saja. Namun, walau begitu, naluri kesenimanannya seakan tak terhentikan untuk melahirkan karya.

 

Pinto juga begitu. Walau di rumah pula, namun naluri berkeseniannya tak reda-reda. Beberapa karyanya terkini bermomentum corona. Ya puisi.Ya karangan berbentuk prosa. Ya, kini karangan terbarunya adalah lagu yang berjudul “Angkat Virus ini” yang sudah ia luncurkan ke publik melalui media youtube,WA dan FB Pinto Janir.

 

Kini Pinto dan Opetra berkolaborasi. Berkolaborasi dalam jarak 1000 kilometer lebih, antara Bukittinggi dan Jakarta.

 

Kalau dua orang seniman asal Sumbar ini berkolaborasi dalam bidang lagu, itu biasa saja. Soalnya dua seniman ini juga sama-sama musisi. Sama-sama dikenal sebagai pengarang lagu.

 

Lalu apa benar bentuk kolaborasi mereka berdua ini?

 

Yang jelas, baik Pinto maupun Opetra sama-sama youtuber. Bahkan Pinto sudah membuat channel di youtube sejak lebih 9 tahun yang silam. Namun subscribe (pelanggan)nya tak pernah meningkat. Ngenek jumlahnya. Jumlahnya baru 600 lebih. Karena bagi Pinto youtube hanya untuk menyimpan atau dokumentasi karyanya di ruang lagu dan puisi.

 

Kasihan juga Pinto. Youtube Pinto subscribersnya baru 607 perhari ini (18 Mei 2020) dengan 161 video. Sanak-sanak bantu jugalah bertandang ke youtube-nya, biar bertambah subscribers-nya.

 

Beda dengan Opetra. Subscribersnya sudah 33.600 dengan 212 jumlah video. Nama channelnya, Opetra Kolak.

Bila sanak bermurah hati, bantu-bantulah menaikkan channel dua seniman dari Ranah Minangkabau ini.

Ingat, channel Pinto dan Opetra Kolak di youtube.

Kini Pinto dan Opetra berkolaborasi.

Oalah, kira-kira apa ya bentuk kolaborasi mereka itu?

 

Lagukah? Lagu gurau atau garahkah? Apa mereka berdua-dua menciptakan lagu tentang Corona? Begitukah. Atau mereka melawak berdua? Ah, manalah mungkin !

 

Ternyata tidak begitu, kawan.

Kolaborasi mereka ini beraroma “budaya”. Temanya, Perang Surat antara mamak dan kemenakan. Lalu bagaimana penyuguhannya? Apa benar isi surat mamak dan kemenakan yang bersitegang lewat surat menyurat di musim WA dan di musim corona ini…hingga membawa-bawa lading segala…

Ah…

Mengapa harus lewat surat.

 

Apa yang menjadi percakapan antara mamak dan kemenakan itu? Yang satu mamaknya bagak-bagak bodoh alias B3. Yang kemenakannya Cadaiak-cadiak Bano alias CCB.

 

Nah ikuti saja perkembangan surat mamak dan kemenakan ini di channel Kolak Opetra !

Selamat menonton !

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close