HEADLINEREGIONAL

GERAKAN KEMANUSIAAN ADE REZKI PRATAMA

Yang Senang Bantu yang Susah yang Lebih Bantu yang Kurang yang 'lai' Bantu yang 'Indak'

Ade Rezki Pratama anggota DPR RI asal Dapil 2 Sumbar dari Partai Gerindra mengunjungi dua panti asuhan, satu Madrasah Diniyah Takmiliyyah Awaliyah (MDTA) dan Kantor Walinagari Kubangputiah Agam untuk menyerahkan bantuan berupa sembako dan makanan siap saji, masker serta vitamin, Rabu (1/4) sore.

Bersama Ade, ikut mendampingi 4 anggota DPRD kabupaten Agam dari Gerindra, yakni Rinal Wahyudi, Erdinal, Zulhefi dan Zulhendri Bandaro Labiah.

Dua Panti Asuhan dan satu MDTA yang dikunjungi Ade dalam semangat berbagi di tengah hantaman ‘badai’ Corona itu adalah Panti Asuhan Nurul Haq Ladanglaweh Padanglua Agam, Panti Asuhan Al Lathif Canduang yang berlokasi di Simpang Guci Jorong Batu Balantai Nagari Canduang Kotolaweh dan Madrasah Diniyah Takmiliyyah Awaliyah (MDTA) Sawiyah Karim Bulaankamba Kubang Putiah.

Pada tiap kesempatan pada empat titik tersebut, Ade Rezki Pratama dalam tutur yang santun jelas dan cerdas memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana dengan Corona dalam bahasa sederhana.

Disampaikan Ade, Corona adalah nama virus. Covid-19 adalah nama resmi untuk penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Corona pertama kali diidentifikasi di Cina pada 31 Desember lalu. Covid 19 singkatan dari ‘Co”, artinya corona. Sedangkan ‘Vi” untuk ‘virus’. Sedangkan ‘D’ singkatan dari disease (penyakit).

Pada empat titik itu, Ade langsung datang menyerahkan bantuan. “Walau kondisi memaksa kita menjaga jarak, namun hati kita tetap tak berjarak. Tempat tegak kita boleh berjarak, namun hati tidak !” ujar Ade di hadapan masyarakat yang haru dan bahagia menanti kedatangan Ade nan di rindu.

SETELAH MENYERAHKAN BANTUAN
ADE MENGEDUKASI MASYARAKAT

Kepada warga masyarakat dan anak-anak yang menghuni panti asuhan Ade menyampaikan edukasi tentang” Tetap” yang mesti jadi perhatian bagi kita semua. Tetap pertama adalah ” Tetap Terinformasi”.

Ujar Ade, tak dapat dipungkiri, dari Wuhan–virus Corona bagai menggurita menjalar hampir ke berbagai belahan dunia. Banyak korban jiwa memang, namun banyak juga jiwa yang tersembuhkan dari virus Corona.

“Waspada sangat penting, namun takut berlebihan, jangan…!Ketakutan dan kecemasan akan membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah.Daya imun menjadi berkurang. Kalau daya imun tubuh kurang, penyakit gampang datang. Kita harus terinfornasi dari segala sesuatu yang menyangkut corona. Saring baik-baik berita yang berkaitan dengan corona. Ambil berita bahagia.Ambil berita benar. Buang berita buruk. Singkirkan berita hoaks. Kita harus terus ‘mengupdate’ mencari tahu kabar-kabar terbaru tentang Corona”, ulas Ade, politisi muda yang jarang ‘berkabar kepada publik’ tentang berbagai programnya yang banyak mendatangkan manfaat di tengah kehidupan masyarakat, semisal program air bersih, irigasi, pertanian, kepariwisataan dan lain sebagainya.

(Menurut beberapa pengamat politik, Ade adalah tipikal politisi yang “diam” dalam penyampaian kepada publik, tapi terfakta dan ternikmati di tengah kehidupan masyarakat. ” Ia tipikal politisi yang banyak kerja sedikit bicara ke ruang publik”, ujar seorang pengamat politik )

Bila sinisme politik “menggasak” Ade, apa yang dilakukan Ade selama dua periode, maka jawabannya adalah lihat jejak pikiran Ade di tengah persawahan kita atau di tengah kehidupan masyarakat yang menikmati program yang lahir dari gagasannya.

Soal Corona, Ade ‘mati-matian turun ke lapangan. Ia edukasi masyarakat dan ia berbagi kasih dalam kepedulian dengan menyerahkan beberapa kebutuhan dan keperluan masyarakat di bawah ancaman Corona. Barangkali, ini karena menyangkut jiwa manusia, gerakan Ade mengemuka.

Baiklah, kembali ke Corona. Kata Ade, untuk memutus jaringan virus, kita perlu mengedukasi masyarakat dengan intens di ruang publik.

Ade mengingatkan, kita harus tetap terinformasi dan Tetap Waspada. Dikatakan Ade Wabah virus corona adalah kekhawatiran dunia terkini. Pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya kasus positif Covid-19. Masyarakat terus khawatir karena korban terus bertambah, tentu saja kita sepakat secara bersama-sama untuk memutus mata rantai virus ini. ” Ya, tetap terinformasi, tetap waspada. Kita tak boleh meremehkannya. Mari kita berikhtiar, mari kita berdoa, semoga Allah selekasnya mengangkat virus ini dari atas dunia”, ujar Ade.

“Kita Tetap waspada, tapi kita tidak boleh panik. Untuk membuat antibodi kita kuat, kita harus senantiasa berolahraga. Kita Tetap Bijaksana menyikapi keadaan. Kita harus tenang menghadapi wabah ini. Gelisah berlebihan akan membuat keadaan makin fatal. Jaga kesehatan dan pikiran. Harus jaga perasaan. Mari kita Tetap Bahagia. Jangan sampai kehilangan rasa bahagia karena kecemasan berlebihan. Kecemasan, kepanikan, ketakutan yang berlebihan membuat daya imun tubuh turun. Mari kita Tetap produktif”, kata Ade politisi yang pernah menciptakan riwayat politik kebanggaan bagi Sumatera Barat ketika pada periode pertama jadi anggota DPR RI Ade dinyatakan sebagai anggota DPR RI termuda yang memimpin sidang paripurna sementara di tengah suasana politik Indonesia yang masa itu sedang “panas”.

Ade mengutip peribahasa; ” Duduak marauik ranjau, tagak maninjau jarak. Walaupun kita tetap di rumah, namun kita tetap bersemangat untuk tidak membuang-buang waktu dan selalu menggunakan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat”.

Pesan Ade; ” Untuk mencegah potensi penyebaran virus corona , sosial distancing, tetap di rumah–hindari kerumunan– sediakan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari adalah penting. Berjemur bisa melemahkan virus corona. Buka jendela rumah, pastikan sirkulasi udaranya bagus “.

“Tegak dan duduk kita boleh berjarak, namun hati kita tetap dekat dalam kebersamaan yang sesakit sesenang, sehina semalu. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Rasa berdunsanak, rasa solidaritas, rasa tenggang, rasa saling peduli, saatnya kini untuk lebih kita perkuat. Yang senang, bantu yang susah. Yang lebih bantu yang kurang. Mari kita saling berbagi..”, ujar Ade yang dikenal cerdas, elok dan santun.

Dalam waktu dekat, setelah memberikan bantuan berupa sembako, vitamin, makanan, dan masker, Ade akan segera menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke beberapa tenaga medis dan relawan pemerang virus corona.

Baca Berita
NURUL: “ADE REZKI PRATAMA POLITISI PENYAYANG ANAK YATIM”

NURUL: “ADE REZKI PRATAMA POLITISI PENYAYANG ANAK YATIM”

ADE REZKI PRATAMA YANG SELALU ADA UNTUK MASYARAKAT

KETIKA ADE DATANG MEMBAWA KETEDUHAN

(PJ)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close