oleh

KEREN, PINTO JANIR CIPTAKAN LAGU UNTUK HAJI BUYUNG LAPAU …!

Fenomena H Buyung Lapau makin terfaktakan ketika Pinto Janir yang dikenal dengan julukan Raja Penyair yang juga disebut-sebut pencipta lagu spesialis ‘propaganda’ manis membuatkan lagu untuk Buyung Lapau.

“ Saya tertarik dengan Buyung Lapau. Semula saya mengira Buyung Lapau itu sebuah gala yang lekat pada badan dirinya. Ternyata Buyung Lapau sebuah nama asli yang tertera di ijazahnya”, kata Pinto Janir yang salah satu lagunya—Abih Untuang di Wamena— yang ia karang bersama H Gamawan Fauzi memiral di medsos.

Pinto tertarik dengan sosok atau kepribadiannya atau dengan namanya?

“ Namanya unik, pribadinya baik”, ujar Pinto yang pada pileg 2019 telah menciptakan sekitar 20 lagu kampanye beberapa caleg, antara lain untuk Febby Datuk Bangso, Ade Rezki Pratama, Nevi Zuairina, Yutris Chan, Edriana, H. Hariadi, Nicky Laoda Hariyona, dan untuk pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin.

Apakah karena nama yang unik dan pribadi yang baik sajakah sehingga seorang Pinto menciptakan lagu spesial Buyung Lapau?

“ Tidak. Tidak hanya sekedar itu. Saya melihat, membaca dan menyimak serta memahami bahwa ada noktah pikiran yang berzona cakrawala seorang Buyung Lapau untuk mewakafkan diri dengan segala pikiran, dengan segala kekuatan hati dan akal untuk membangun kabupaten Padangpariaman lebih berkah dan madani. Ia sosok cerdas yang taat. Pikiran-pikirannya jelas dan terang”, kata Pinto yang juga dikenal sebagai wartawan dan sastrawan yang sangat cinta pada seni dan tradisi budaya Minangkabau.

“ Lama nian saya memelajari pikiran seorang Pak Haji Buyung lapau. Kami bercakap-cakap tentang apa pikirannya di ruang pembangunan pertanian, tata ruang, pendidikan, kepariwisataan, kesurauan, kelautan, dan perdagangan serta tentang ekonomi kerakyatan di ruang kesejahteraan umat”, ujar Pinto Janir.

“ Saya terpana ketika ia mulai berkata tentang berkah pertanian, berkah pariwisata, berkah pendidikan, berkah kelautan. Katanya pada saya, apapun konsep pikiran kita untuk nagari harus membawa berkah untuk umat dan alam semesta. Penuh keniscayaan ia berkata, pemimpin harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada rakyatnya. Pemimpin harus mampu membahagiakan rakyatnya dan membangun ruang kesejahteraan sehingga tercipta masyarakat madani yakni masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya. Pernyataan Buyung Lapau yang begini yang membuat saya tersentuh dan lalu menerjemahkannya dalam lirik lagu. Niat dan itikad baiknya untuk kabupaten Padangpariaman, harus saya apresiasi plus dengan cara membuatkan lagu khusus untuk Buyung Lapau”, ujar Pinto.

Apakah lagunya sudah siap?

“Alhamdulillah. Baru selesai. Segera kita rilis. Tapi, saya berharap, lagu ini sebaiknya dilengkapi dengan video klipnya supaya masyarakat lebih mengenal sosok Buyung Lapau”, kata Pinto yang suka mengopi dan suka pada “kesunyian”.

Nanti diputar di mana?
“ Kita berharap, lagu ini bisa mengudara dalam waktu cepat di radio-radio lokal, di medsos semisal youtube, Facebook dan IG. Ya, kita pulangkan kepada relawan Buyung Lapau. Yang jelas, sebagai tanda apresiatif saya, lagu ini saya dedikasikan kepada sosok Buyung Lapau”, ujar Pinto seniman yang bersuku Sikumbang itu.

Bagaimana liriknya?

Nih, lirik lagu H Buyung Lapau :

LAGU UNTUK HAJI BUYUNG LAPAU

Cipt Pinto Janir

Namonyo haji Buyuang Lapau
Lahia di lapau gadang di surau
Taat santun jo randah hati
Janji dibuek untuak ditapek i

Buyuang Lapau tasabuiklah kini
Calon bupati cerdas babudi
Buyuang Lapau nan dinanti-nanti
Untuak Padangpariaman madani

Buyuang Lapau namo nan asli
Mari kito dukuang barami-rami
Buyuang Lapau bangunlah nagari
Dek basamo mangkonyo jadi

Mambangun nagari bukan jo janji
Sinsiangkan langan mamintak ka ilahi
Ya Allah ridhoi langkah kami
Bari kami pamimpin nan baik hati

Haji Buyuang Lapau
Hbl
Haji Buyuang lapau
Padangpariaman madani
Haji Buyuang lapau
Slalu di hati….

Hbl
Hbl
Hbl

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed