MUSIKMusik Modern

GENIUS UMAR DAN PINTO JANIR KARANG LAGU “ HARI NUSANTARA”

Pariaman—Pelaksanaan Hari Nusantara Nasional tahun 2019 akan dipusatkan di kota Pariaman pada tanggal 13 Des 2019. Guna memeriahkan hari tersebut Walikota Pariaman Genius Umar gandeng budayawan yang juga pencipta lagu, Pinto Janir untuk bersama-sama menciptakan lagu Hari Nusantara.

Beberapa hari sebelumnya, pada sebuah kegiatan “setelah diskusi lapau” di Safari Cafe kota Pariaman, Genius Umar dan Pinto Janir berkolaborasi dalam pembacaan puisi musik. Kegiatan spontan itu dihadiri staf khusus Kemendes PDTT Febby Datuk Bangso serta beberapa staf dan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Pinto membacakan puisi yang berjudul “Asap” yang dibuat oleh Satire Genius Umar , siswa kelas 2 SMP . Saat Pinto baca puisi, sang walikota langsung mengiringinya dengan bermain keyboard. Pinto juga dikenal sebagai penyair yang membawa ruh baru dalam pembacaan puisi di Indonesia. Penyair yang dikenal dengan sebutan “Raja Penyair” memelopori puisi musik yang bukan musikalilsasi. Unik.

Genius, memang hobi bermusik. Ia pandai memainkan beberapa alat musik. Begitu selesai, mereka berkolaborasi, spontan Genius menyampaikan niatnya pada Pinto janir yang juga dikenal sebagai wartawan nan sastrawan— yang lagunya “Abih Untuang di Wamena” yang diciptakan bersama Gamawan Fauzi viral di medsos kini —untuk menciptakan lagu bertajuk Hari Nusantara.

Genius dikenal sebagai walikota kreatif, walikota kaya ide yang gila bekerja, Pinto dikenal sebagai seniman produktif yang gila berkarya.

“ Kita ciptakan lagu berdua”, ajak Genius yang disambut hangat oleh Pinto. Singkat kata, mereka berdua mulai mencurahkan lirik di sebuah kertas putih. Berdua mereka berdiskusi. Akhirnya lirik itu tuntas.
Ini bunyi lirik lagu “ Hari Nusantara” yang mereka susun berdua.

“HARI NUSANTARA
Ciptaan : Genius Umar & Pinto Janir

Na…na…na….na…
Nusantara….
Na….na…na…na
Nusantara…

Nusantara betapa elok indah negerinya
Bak sepotong surga di atas dunia
Ribuan pulau utuh dari sabang merauke
Luas lautnya dengan cinta kita jaga

Hei anak bangsa kita bhinneka tunggal ika
Walau berbeda-beda tapi tetap satu Indonesia
Wawasan nusantara kita isi dengan kerja nyata
Perjuangan Juanda tak akan sia-sia

Pesona pantai pariaman tertanam di hati
Hari Nusantara pada laut cinta bergelora
Budaya bahari mari kita tanamkan kembali
Potensi laut kita ntuk kesejahteraan merata

Membentang cakrawala seluas laut
Sehijau pulau segala rindu bergelora
Hari Nusantara momen menjaga laut
Hari Nusantara pada laut katakan cinta”.

Hari itu juga mereka berdua berhasil menyusun irama.

Genius dan Pinto berdiskusi, tentang siapa yang menyanyikan lagu ini. Waktu itu Pinto menawarkan beberapa nama penyanyi Pop Minang. “ Ambo labiah setuju kalau lagu ko Pinto yang menyanyikan. Pasti lebih menjiwai. Lagi pula, suara Pinto ada khas-khasnya. Saya suka. Pinto sajalah yang menyanyikannya “, pinta Genius . Pinto setuju.

Kata Genius, lagu ini akan diserahkan kepada panitia pusat.

Direncanakan, lagu ini akan dibuatkan vidio klipnya dan akan dinyanyikan pada Peringatan Hari Nusantara Nasional. Lagu ini, sudah tayang di youtube. Tapi masih minus vidio klip. Poto di vidio klip tersebut adalah potret Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M dan Walikota Pariaman Genius Umar.

Lagu tersebut dapat didengar di youtube dengan link : https://www.youtube.com/watch?v=aHPrbfZANGE&feature=youtu.be
Semoga, pelaksanaan Hari Nusantara Nasional yang dipusatkan di Pariaman tanggal 13 Desember mendatang, suskses, khidmat dan meriah ! (tim)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close