Tue. Nov 24th, 2020

20 Tahun Tragedi UBL Berdarah, Belasan Foto Buka Luka Lama

1 min read
Salahsatu kliping koran yang diposting Juwendra

JARRAKPOSLAMPUNG – Sedikitnya 18 kliping koran yang memberitakan kepiluan tragedi UBL berdarah 20 tahun silam di posting oleh mantan jurnalis Teknokra Unila, Juwendra Asdiansyah dalam timeline facebooknya, Sabtu (28/9/2019).

Hari ini, 28 September 2019, genap 20 tahun Tragedi UBL, Tragedi UBL Berdarah, Tragedi 28 September, atau UBL Berdarah terjadi. Tulis pria yang akrab disapa Juwe itu dalam salah satu postingannya.

Setelah 20 tahun, tulis Juwe, memori atas peristiwa tersebut belum lekang dari ingatan para mahasiswa yang terlibat di dalamnya, juga mahasiswa di Lampung era itu pada umumnya.

Tragedi UBL merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah gerakan mahasiwa di Bumi Ruwa Jurai. UBL merujuk kepada lokasi kejadian di depan dan sekitar kampus Universitas Bandar Lampung (UBL), Jalan ZA Pagaralam, Bandar Lampung.

Dalam peristiwa itu dua mahasiswa Universitas Lampung (Unila) gugur. Keduanya ialah Muhammad Yusuf Rizal, mahasiawa FISIP angkatan 1997, dan Saidatul Fitriah, mahasiswa FKIP 1996 yang juga aktivis pers mahasiswa Teknokra.

Menanggapi hal tersebut Pemimpin Redaksi (Pemred) Lampung Pos, Iskandar Zulkarnain menuliskan ucapan terimakasih kepada Juwe yang sudah mengingatkan khalayak atas perjuangan anak bangsa tersebut.

“Lampung post sudah mencatatkan sejarah itu. Thanks Kakak Juwe yang sudah mengingat perjuangan anak bangsa,” tulis Iskandar menanggapi postingan Juwe. (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.