Tue. Nov 24th, 2020

2 Pasien Covid-19 di Lampung Belum Diketahui Asal Tertularnya

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung hingga saat ini belum menemukan jawaban terkait darimana tertularnya dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Selain tak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, dua pasien tersebut juga tak memiliki riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19 lainnya.

Keduanya adalah pasien 50 dan pasien 55. Pasien nomor 50 berasal dari Lampung Selatan yang dinyatakan sembuh, namun meninggal saat perjalanan pulang.

Sementara pasien nomor 55 adalah bayi berusia 11 bulan yang berasal dari Natar, Lampung Selatan.

“Sampai saat ini belum ditemukan klasternya. Petugas di lapangan masih melakukan tracing dan analisis epidemiologi,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, dr Reihana dalam keterangan persnya, Selasa (12/05/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Reihana juga merinci tujuh klaster penyebaran virus corona atau Covid-19 di Lampung. Pertama, Klaster Gowa ; Ijtima Ulama se-Asia di Gowa, Sulawesi Selatan.

Menurut Reihana, Klaster Gowa, Sulawesi Selatan, adalah klaster dengan jumlah pasien corona terbanyak di wilayah kerjanya.

“Paling banyak adalah klaster Gowa, sebanyak 19 orang telah terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Kedua, Klaster Jakarta, sedikitnya terdapat delapan pasien yang terkonfirmasi positif corona dari Jakarta. Ketiga, Klaster Temboro di Magetan, Jawa Timur. Terdapat enam pasien positif yang berasal dari klaster santri di Magetan. Keempat, Klaster Bogor, Jawa Barat, dengan lima pasien positif corona.

Kelima, Klaster Bengkulu dengan empat pasien positif Covid-19. Keenam, Klaster Tangerang, Banten, ada satu pasien. Ketujuh, Klaster Yogyakarta dengan satu pasien positif Covid-19. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved.